Thursday, June 12, 2014

Lomba lomba Yang Sering Memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia




Berbicara tentang hari kemerdekaan, tentunya tak lepas dari acara-acara yang menyemarakkan peringatan ini, dan salah satunya adalah lomba 17 Agustus-an. Kalau saya mengingat kembali ke masa-masa sekolah dulu, banyak lomba-lomba yang sangat identik dengan perayaan 17 Agustus, dimana lomba-lomba tersebut awet hingga saat ini.

Berikut ini lomba lomba yang sering memeriahkan hari kemerdekaan indonesia





Makan kerupuk

 


Lomba makan kerupuk masuk dalam salah satu lomba tradisional dalam menyambut kemerdekaan (lomba Agustusan). Kerupuk pada dasarnya adalah pelengkap makanan. Kerupuk ini adalah makanan masyarakat, tak peduli kaya atau miskin pasti kebanyakan suka makan bahan kriuk-kriuk ini.

Dalam lomba makan kerupuk, tersimpan beberapa makna dan filosofi. Lomba ini mengajarkan tentang suatu kesederhanaan dan kesetaraan. Yang mana, seperti tidak ada pembeda antara si miskin atau si kaya.

Dalam lomba ini, tangan tidak diperbolehkan untuk ikut.Di sini diajarkan, bahwa setiap perjuangan harus membutuhkan kesabaran dan menahan untuk tidak berbuat curang. Ini dapat menjelaskan bahwa kesuksesan tidak dapat diraih secara instan.

Dari semua tentang lomba makan kerupuk ini berusaha mengajarkan bahwa kesuksesan bisa diraih oleh semua orang walaupun dengan segala keterbatasan. Namun untuk meraihnya, masih dibutuhkan usaha, kesabaran dan berdoa.

Lomba Membawa Kelereng dalam Sendok





Dalam Lomba Membawa kelereng dalam Sendok ini, ada dua sistem permainan pada permainan ini. yang pertama adalah dengan cara membawa kelereng di sebuah sendok makan mencapai batas yang ditentukan. biasanya sudah ditentukan sebelum bermain. jika batas sudah ditentukan, para pemain memulai start ssampai batas ujung kemudian kembali lagi keposisi start dan yang mencapai duluan artinya finish dan menjadi pemenang.

yang kedua sistemnya estafet, permaian ini dilakukan dengan berkelompok, dalam satu kelompok bisa terdiri dari dua orang bahkan lebih. caranya pemain berbaris dengan jarak yang sudah ditentukan.

kemudian pemain pertama membawa sebuah kelereng di atas sendok lalu memberikannya kepada pemain berikut sampai kepemain terakhir dan pemain terakhir memasukkan ke sebuah wadah, wadahnya bisa berupa apa saja, ember, toples atau apa saja yang bisa digunakan. permainan dilakukan berulang kali sampai semua kelereng yang disiapkan habis, dan yang kelerengnya habis duluan dialah pemenangnya.


Lomba Balap Karung



Balapkarung adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir.


Meskipun sering mendapat kritikan karena dianggap memacu semangat persaingan yang tidak sehat dan sebagai kegiatan hura-hura, balap karung tetap banyak ditemui, seperti juga lomba panjat pinang, sandal bakiak, dan makan kerupuk.
Lomba balap karung juga diapresiasi oleh pendatang dari luar negeri dengan langsung terlibat dalam perlombaan ini.

Tarik tambang



Dalam Lomba Tarik Tambang ini, Pertandingan melibatkan dua regu, dengan 5 atau lebih peserta. Dua regu bertanding dari dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang. Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Masing-masing regu berupaya menarik tali tambang sekuat mungkin agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah.
Taktik permainan terletak pada penempatan pemain, kekuatan tarik dan pertahanan tumpuan kaki di tanah. Pada umumnya pemain dengan kekuatan paling besar ditempatkan di ujung tali, untuk menahan ujung tali saat bertahan atau menghentak pada saat penarikan.



Panjat pinang




Panjatpinang adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia.


Sebuah pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon.
 
Oleh karena batang pohon tersebut licin (karena telah diberi pelumas), para pemanjat batang pohon sering kali jatuh. Akal dan kerja sama para peserta untuk memanjat batang pohon inilah yang biasanya berhasil mengatasi licinnya batang pohon, dan menjadi atraksi menarik bagi para penonton. hadiah tersebut kemudian dibagikan kepada para peserta masing masing


Sepeda lambat



Sepeda lambat adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia.


Para peserta bersiap dengan sepeda masing-masing di garis permulaan dan berlomba untuk mencapai garis finish dalam lajur masing-masing. Namun, berbeda dan berlawanan dengan balap sepeda, pemenang sepeda lambat adalah peserta paling akhir yang mencapai garis finish.
 
Karena sepeda hanya mempunyai dua roda, semakin lambat sepeda dikayuh, semakin sulit untuk menjaga keseimbangan, dan bila peserta tidak dapat menyeimbangkan sepeda (jatuh atau salah satu kakinya menyentuh jalan), peserta akan dinyatakan gugur.


lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol



Dalam Lomba Memasukan Paku ke dalam Botol ini,Ada beberapa versi dari permainan ini, ada yang menggunakan paku ada juga yang menggunakan pensil. Meski terlihat mudah namun permainan ini cukup susah untuk dilakukan, tak hanya butuh konsentrasi dan ketenangan yang tinggi agar bisa memasukkan paku ke dalam botol, tapi juga
kuda kuda yang kuat !


 Demikianlah Beberapa Lomba lomba yang sering memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia, mungkin masih banyak lagi lomba lomba yang belum sempat saya postingkan, semoga Lomba lomba seperti ini masih tetap ada dan terlaksana agar anak cucu kita di masa mendatang dapat menikmati serunya perlombaan tersebut. Terima kasih atas beberapa sumber yang membantu saya dalam melengkapi postingan ini.



 

0 komentar:

Post a Comment